Monday, September 14, 2020

Q & A Membangun SPI: Mengenal Jenis-jenis Risiko

 Setelah menjawab pertanyaan tentang event dan risk event, kita lanjut ke pertanyaan selanjutnya yakni tentang jenis-jenis risiko.

Tanya: Apa saja jenis-jenis risiko yang perlu kita ketahui?

Jawab: 

a. Berdasarkan karakteristik dasarnya, risiko dibagi menjadi dua kelompok yakni: (1) risiko murni, yakni risiko yang mengakibatkan kerugian pada organisasi yang dapat diukur secara fisik dan umumnya disebabkan karena alam. Biasanya fokus pada high impact - low probability contohnya gempa bumi, banjir, tsunami dll. (2) risiko spekulatif, yakni risiko yang dapat mengakibatkan dua kemungkinan, merugikan atau menguntungkan organisasi. Biasanya terjadi karena produk atau perbuatan manusia, focus pada low impact - high probability misal resiko suku bunga, valuta asing, perubahan sosial politik suatu negara.

b. Berdasarkan sumber penyebabnya, risiko dibagi menjadi dua jenis yakni: (1) risiko finansial, yakni risiko yang disebabkan oleh faktor-faktor ekonomi dan fluktuasi target keuangan atau ukuran moneter perusahaan  karena gejolak berbagai variabel makro ekonomi. misalnya risiko likuiditas, kredit dll. (2) risiko non finansial, yakni risiko yang disebabkan oleh tidak memadainya/kegagalan proses internal, sistem, teknologi, orang dan faktor eksternal. contoh dari risiko non finansial atau sering disebut risiko operasional adalah risiko SDM (potensi kerugian karena kesalahan manusia, tidak kompetennya SDM dst)

risiko main futsal?



No comments:

Post a Comment