Sunday, July 19, 2020

Q & A Membangun SPI: Temuan Audit SPI

Berbagi Pengalaman Tentang Pengelolaan BLU

1


1.     Apa itu temuan?
Jawab: Temuan pemeriksaan adalah himpunan data dan informasi yang dikumpulkan, diolah dan diuji selama pelaksanaan tugas pemeriksaan atas kegiatan unit kerja (auditee). Temuan pemeriksaan berdasar pada kondisi (apa yang sebenarnya terjadi/didapatkan/fakta) yang dibandingkan dengan kriteria (apa yang seharusnya terjadi/aturan-aturan).

2.     Bagaimana cara menyampaikan temuan dengan baik?
Jawab: Cara menyampaikan temuan pemeriksaan yang baik adalah dengan menyampaikan temuan secara konstruktif dan persuasif, menghindari bahasa perasaan (judgement) dan generalisasi tanpa dukungan, menyatakan gagasan positif dalam kalimat positif, menyajikannya secara seimbang dan perspektif, serta mengutamakan manfaat, rekomendasi, dan solusi.

3.     Bagaimanakah menyimpulkan LHP secara tepat?

Jawab: Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) sebaiknya disimpulkan dalam bentuk ringkasan (executive summary) yang menyajikan hal-hal yang penting dari hasil pemeriksaan, terutama temuan dan rekomendasi. Kesimpulan LHP harus didukung oleh data-data dukung yang cukup dan telah diuraikan dalam LHP secara lengkap, serta telah ditata usahakan dalam kertas kerja pemeriksaan SPI.


No comments:

Post a Comment